Kamis, 06 Mei 2010

Merawat Wajah Dengan Bahan Alami

MADU SEBAGAI PEMBERSIH NODA NODA DI WAJAH

Madu dapat dugunakan untuk pembersih noda noda pada semua jenis kulit. Caranya hangatkan 3 sdt madu kemudian oleskan ke seluruh wajah. Sedangkan bila kulit wajah terlihat suram penuh bercak, madu bisa dicampur dengan satu sendok terigu, oleskan pada wajah dan biarkan 20 menit.

Bila kulit wajah terlihat kasar, gunakan masker madu dan putih telur. Masker madu dibuat dengan mencampurkan sedikit madu dengan kocokan putih telur. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan 15 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat.



APEL DAPAT MENETRALISIR KULIT BERMINYAK

Didalam buah apel terdapat zat yang dapat menetralisir minyak pada wajah (berminyak). Parut buah apel, lalu bubuhkan pada wajah, diamkan kurang lebih 15 menit sambil istirahat . juga air buah mentimun baik untuk tonik dan pemutih (bila dicampur dengan 2 sdm susu segar matang)



PEPAYA MENCEGAH KERUT KERUT PADA KULIT

Pepaya dapat mencegah kerut kerut pada kulit bila dimakan karena mempunyai zat yang dapat meremajakan kulit. Untuk masker : haluskan buah papaya ke wajah, diamkan kurang lebih 10 menit. Dapat meluruhkan sel kulit yang telah mati.



MELON DAN SEMANGKA DIJADIKAN KOMPRES UNTUK KULIT TERBAKAR MATAHARI.

Melon dan semangka cairannya dapat dijadikan kompres untuk kulit terbakar matahari. Iris buah lalu balut dengan kain kasa dan kompres pada wajah kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air dingin.

KENTANG MEMBUAT MATA LELAH BERSERI KEMBALI

Cairan yang terdapat pada kentang dapat membuat mata lelah berseri kembali dan dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parut kentang letakkan pada kain kasa dan kompres pada mata.



DAUN SELADA MENGHILANGKAN GARIS GARIS KETEGANGAN PADA WAJAH

Bila anda sering makan daun selada sebagai lalap dll, garis garis ketegangan pada wajah insya Allah lenyap karena daun selada mengandung bahan penenang sehingga akan membuat otot otot pada wajah rileks.



PEPAYA DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI "PEELER"

Pepaya dapat digunakan sebagai "peeler" karena mengandung enzym yang dapat meluruhkan sel sel kulit mati, hingga kulit menjadi bersih dan tampak licin. Caranya, ambil sepotong buah papaya matang, kupas dan lumatkan. Oleskan pada wajah. Biarkan kurang lebih 10 menit. Kemudian cuci wajah dengan air hangat. Cocok untuk perawatan segala jenis kulit.



PELEMBAB

1. ALPUKAT

Lemak dari daging alpukat baik untuk pelembab ( kulit kering / normal), daging buah dihancurkan. Bubuhkan pada wajah yang bersih. Diamkan kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air hangat.

2. PISANG

Pisang mengandung zat pelembab. Digunakan untuk perawatan wajah kering. Pilih sebuah pisang ambon masak yang segar. Buang kulitnya dan lumatkan. Oleskan pada wajah sebagai pelembab. Bisa juga digunakan sebagai masker dengan menambahkan 2 sdm minyak zaitun yang dihangatkan.


PERAWATAN WAJAH DENGAN JERUK NIPIS

1. PEMUTIH DAN PENYEGAR KULIT

Air dan kulit jeruk nipis dapat digunakan sebagai pemutih dan penyegar untuk kulit yang tampak lelah. Kocok sebutir kuning telur (untuk kulit normal/ kering) atau putih telur (untuk kulit berminyak). Peras separuh air jeruk nipis masukkan kulit jeruk tersebut kedalam campuran kuning telur/putih telur, kocok, aduk rata, biarkan campuran ini semalam agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk. Oleskan pada wajah kecuali sekeliling mata dan bibir. Tunggu sampai kering dan oleskan lagi. Lakukan 3 sampai 4 kali olesan. Diamkan kurang lebih 20 menit.

2. MEMPERKECIL PORI PORI KULIT DAN MENETRALISIR KULIT BERMINYAK.

Jeruk nipis diiris kemudian digosok gosokkan pada kulit wajah.

TOMAT UNTUK MENGECILKAN PORI PORI KULIT

Sari buah tomat segar baik bila digunakan untuk kulit wajah berminyak. Khasiatnya dapat meringkaskan pori pori kulit hingga kulit tampak licin. Caranya hancurkan 2 buah tomat masak. Oleskan pada wajah dan diamkan 20 menit.



MENGHILANGKAN JERAWAT

1. BAWANG PUTIH

Bawang putih dapat digunakan sebagai obat pencegah munculnya jerawat. Biasanya sebelum jerawat muncul permukaan kulitnya terasa sakit. Di bawah kulit terasa ada sesuatu yang keras. Segera gosokkan irisan bawang putih di atasnya beberapa kali, insya Allah jerawat tidak akan jadi muncul.

2. AIR TEH

Air the berkhasiat menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu juga dapat membuat wajah menjadi tampak berseri dan awet muda. Caranya mudah. Diamkan atau embunkan air the beserta daun tehnya selam sehari semalam lalu gunakan untuk membasuh muka. Sebaiknya dilakukan setiap pagi saat bangun dan setiap malam menjelang tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar